Minggu, 27 November 2011

PEMBINAAN KEPRIBADIAN MAHASISWA MELALUI PROGRAM LEADERSIP TRAINING

Peningkatan kualitas diri dan juga kualitas akademik mahasiswa haruslah senantiasa terus diupayakan oleh Sekolah Tinggi Katolik Merauke (STK) St. Yakobus Merauke melalui berbagai program pembinaan akademik maupun pembinaan kepribadian yang memungkinkan mahasiswa mencapai kualitas yang maksimal. Berangkat dari pemikiran tersebut, maka STK St. Yakobus Merauke berkeputusan untuk melaksanakan program Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) dengan melibatkan seluruh mahasiswa STK, tandas Ketua STK St. Yakobus Merauke saat membrikan sambutan dalam pembukaan kegiatan “Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD)” bagi mahasiswa STK pada tanggal 25 November 2011 lalu.
Kegiatan LKTD yang  telah dilaksanakan selama tiga hari, terhitung sejak tanggal 25-27 November 2011 tersebut menghadirkan tiga pembicara yakni Albertus Fiharsana, S.Pd, M.Hum, P. Aloysius Batmyanik MSC, MA, dan P. Dr. Bernardus Boli Ujang, SVD. Adapun materi yang disajikan dalam kegiatan KTD dimaksud antara lain “Kajian Kepemimpinan Secara Umum (oleh Albertus Fiharsana, S.Pd, M. Hum), Spiritualitas Kepemimpinan (Oleh P. Dr. Bernardus Boli Ujang, SVD), dan Kepemimpinan Kaum Muda Katolik (Oleh P. Aloysius Batmyanik MSC, MA). Selalin diberikan materi yang bersifat teoris, mahasiswa peserta LKTD juga dilibatkan dalam berbagai bentuk dinamika kelompok yang telah diorganisir sedemikian rupa dengan tujuan agar mahasiswa dapat memaknai apa itu kepmimpinan.
Selain itu, diharapkan pula bahwa  melalui berbagai bentuk dinamika kelompok yang dihadirkan mahasiswa dapat belajar untuk membangun komunikasi efektif antar sesama dalam sebuah team, menemukan solusi atas suatu permasalahan secara bersama dan juga belajar untuk memimpin dirinya sendiri dalam membuat suatu keputusan secara tepat.
Kegiatan LKTD yang dibuka dan kembali ditutup oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Merauke yang diwakili oleh Kepala Seksi Urusan Agama Katolik, Daniel Dom Nampu, S.Si, diharapkan dapat menjadi kegiatan tahunan STK St. Yakobus agar upaya percepatan pembangunan sumber daya manusia Merauke terlebih khusus kualitas sumber daya calon guru-guru agama katolik Merauke dapat direalisir, ungkap Kepala Seksi Urusan Agama Katolik Kabupaten Merauke.  Hal senada juga disampaikan oleh mahasiswa peserta LKTD dalam acara “sharing bersama peserta dan panitia LKTD tentang seluruh proses pelaksanaan LKTD dimaksud". Kami berharap bahwa kegiatan LKTD ini dapat menjadi kegiatan tahunan STK St. Yakobus Merauke, harap Luki, salah seorang peserta LKTD. (Contributed by Ahlaro’s)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar